Home » » Bolehkah Pasien Asam Lambung Minum Kopi?

Bolehkah Pasien Asam Lambung Minum Kopi?

Bolehkah Pasien Asam Lambung Minum Kopi? - Ulu hati nyeri, mual serta dibarengi muntah sesudah meminum kopi? Menurut Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, ”Penyakit ini berlangsung waktu asam lambung terlalu berlebih serta naik ke atas atau berbalik arah. Masuknya makanan, kan, dari mulut, kerongkongan, lambung, lantas usus dua belas jari. Bila alami GERD, asam lambungnya balik ke atas, ”

Peneliti kopi dari Institut Pertanian Bogor, Ade Wachjar menilainya kalau kopi sesungguhnya mempunyai faedah untuk kesehatan seandainya dikonsumsi dengan ukuran yang pas. Mengingat cafein dalam kopi dikira menyebabkan produksi asam lambung berlebihan pada badan. Riset Ade juga sama dengan Adi W Taroepratjeka yang juga pakar kopi menyebutkan kalau mengkonsumsi kopi tidak selamanya beresiko jelek pada asam lambung. “Secara ilmiah, orang katakan kalau kopi sifatnya asam. Espresso biasanya miliki tingkat keasaman sekitaran 5 – 5, 5. Walau sebenarnya, juice jeruk miliki pH 4 serta rujak cuka miliki pH 3, 5. Apabila makan yang lebih asam dapat, kenapa kopi tak dapat? ”


Kopi type arabika, menurut Adi cukup aman di mengkonsumsi untuk pasien asam lambung karna kandungan cafein dalam kopi lebih rendah di banding robusta. “Istri saya juga pernah miliki pengalaman senantiasa sakit maag sesudah minum kopi. Lantas saya anjurkan untuk minum kopi arabika, nyatanya aman, ”

Namun, bila masih tetap belum dapat rasakan kopi dengan nikmat jadi pilihan terakhirnya yaitu decaffeinated coffee atau yang lebih di kenal dengan kopi decaf yakni kopi yang telah di hilangkan kandungan kafeinnya. ”Di luar negeri, keinginan kopi decaf ini cukup tinggi, sesaat di Indonesia masih tetap tidak sering karna belum mempunyai fasilitas pemrosesannya yang mahal. Namun bila kita pergi ke gerai kopi modern internasional umumnya mereka telah menyediakannya, ” Ungkap Adi.

Source : (tabloidnova/tempo/tribunnews/cosmopolitan)

0 komentar:

Posting Komentar